Wednesday 20 January 2016

Pentingnya Berperilaku Jujur



Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Halo, sahabat UMMP yang senantiasa dirahmati oleh Allah SWT.
Kali ini kami akan membahas mengenai "Pentingnya Berperilaku Jujur"

Kejujuran atau Jujur adalah sebuah tindakan dimana apa yang dikatakan, apa yang dilakukan selaras dengan hati nuraninya dan sesuai dengan kenyataan. Sedangkan kenyataan adalah sesuatu hal yang memang benar-benar ada. Jujur juga dapat berarti seseorang bersih hatinya dari perbuatan-perbuatan yang dilarang oleh agama dan hukum yang ada. Maka dari itu, menepati janji juga termasuk dalam perilaku jujur.

 Di dalam ajaran Islam sendiri, kita diwajibkan untuk berperilaku dan berkata jujur, sebagaimana terdapat dalam firmanNya.
"Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allah dan bersamalah kamu dngan orang-orang yang benar" (Qs At Taubah 9:119)
 Dan yang jelas, kejujuran adalah sifat orang-orang yang beriman. Sedangkan lawannya adalah dusta, ingkar janji dan khianat. Sebagaimana dijelaskan oleh sabda Rasulullah SAW.
Dari Abu Hurairah ra, dari Nabi Muhammad SAW bersabda "Tanda orang munafiq ada 3, yaitu : apabila berbicara dusta, apabila berjanji mengingkari dan apabila dipercaya berkhianat." (HR. Bukhari Muslim)
Selain itu Allah juga menegaskan bahwa tidak ada yang bermanfaat bagi seorang hamba dan yang mampu menyelamatkannya dari azab, kecuali kejujurannya (kebenarannya).
Allah berfirman, "inilah saat orang yang benar memperoleh manfaat dari kebenarannya. Mereka memperoleh surga yang mengalir dibawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Allah ridha kepada mereka dan merekapun ridha kepadaNya, itulah kemenangan yang agung." (Qs Al Maidah 5:119)
 Jadi, berperilaku jujur dalam sehari-hari penting, karena itu adalah perilaku terpuji (Akhlakul karimah). Jika kita sudah terbiasa jujur, maka semua pekerjaan akan terasa lebih tenang, semua masalah akan mudah terselesaikan. Sedangkan jika kita suka tidak jujur maka hidup kita akan senantiasa resah dan gelisah.

Perilaku jujur juga sangat bermanfaat, berikut manfaatnya.
1. Menghindarkan kita dari berbuat curang, korupsi, kolusi, dan nepotisme (CKKN)

Hal ini penting karena, setelah kita lulus notabene lulusan dari perguruan tinggi kedinasan akan ditempatkan di instansi-instansi pemerintah. Apabila kita sudah terbiasa berbuat jujur maka kita bisa mempengaruhi sekitar kita untuk meniru kita. Intinya semua harus dimulai dari diri kita. Bayangkan apabila semua orang berbuat jujur maka Indonesia akan terbebas dari CKKN ini, sehingga Indonesia bisa lebih sejahtera dan maju.

2. Memperluas pergaulan

Orang yang jujur rata-rata lebih mudah bergaul dan disenangi oleh orang-orang disekitarnya. Karena orang jujur juga lebih mudah dipercaya oleh orang apabila diberi kepercayaan. Sebaliknya apabila seseorang telah dicap sebagai pembohong maka orang tersebut akan cenderung dijauhi oleh temannya dan orang disekitarnya akan enggan untuk memberinya kepercayaan akan sesuatu.

3. Mendapatkan Ridha dari Allah SWT

Point ketiga ini juga penting, karena dengan berperilaku jujur itu berarti kita beriman kepada Allah SWT. Sehingga dengan begitu kita akan mendapat rahmat dariNya.

4. Menjadikan dunia ini tentram dan damai

Dengan semua orang berperilaku jujur, maka tidak ada orang yang berperilaku curang. Dengan begitu tidak ada kecurigaan antar sesama manusia siapa yang berbuat curang. Dengan tidak adanya kecurigaan maka masyarkat akan lebih tenang, damai, dan nyaman dalam menjalani hidup.

Nah, itulah mengapa jujur penting dimiliki oleh seluruh umat di dunia khususnya umat Muslim, karena jujur adalah salah satu pokok untuk mencapai kedamaian, kebahagian di dunia maupun di akhirat kelak.

Sekian, semoga bermanfaat bagi kita semua.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.


UMMP PKN-STAN
Cerdas, Ceria, Bermanfaat

0 comments:

Post a Comment